Asuransi Kesehatan Lippo Insurance: Produk hingga Cara Klaim

Kamis, 20 Februari 2025 | 17:06:02 WIB
Asuransi Kesehatan Lippo Insurance

Asuransi Kesehatan Lippo Insurance merupakan salah satu produk unggulan dari Lippo Insurance, yang dikenal sebagai bagian dari Lippo Group melalui anak perusahaannya, PT Inti Anugerah Pratama, dengan kepemilikan saham mencapai 65,79%. 

Lippo Insurance dikenal dengan pendekatan agresif dalam distribusi produknya, yang meliputi saluran keagenan, platform digital bekerja sama dengan sejumlah situs besar, serta telemarketing dan bancassurance. 

Dengan jaringan distribusi yang luas dan layanan yang berkualitas, Lippo General Insurance Tbk meraih predikat sebagai salah satu penyedia asuransi terbaik pada tahun 2012, khususnya dalam kategori asuransi kesehatan. 

Lalu, apa saja manfaat yang ditawarkan oleh Asuransi Kesehatan Lippo Insurance? Berikut penjelasan lengkapnya untuk kamu yang ingin memahami lebih dalam tentang produk asuransi ini. 

Profil Asuransi Kesehatan Lippo Insurance

Lippo General Insurance, Tbk. merupakan perusahaan asuransi yang telah beroperasi sejak 6 Juli 1991. 

Sebagai penyedia asuransi umum, perusahaan ini menawarkan berbagai produk, antara lain: asuransi kesehatan, kendaraan bermotor, perjalanan, jiwa, properti, kargo, dan aneka. 

Saat ini, Asuransi Kesehatan Lippo Insurance yang merupakan bagian dari Grup Lippo memiliki sejumlah kantor cabang di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Cikarang, Karawaci, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang, dan Balikpapan.

Seiring dengan perkembangan yang pesat, Lippo General Insurance menjadikan dirinya perusahaan terbuka pada 22 Juli 1997. 

Dengan visi untuk menjadi perusahaan asuransi umum terkemuka di Indonesia, Lippo terus memperluas jangkauannya secara internasional dan berkomitmen untuk menjalankan bisnis asuransi dengan profesionalisme dan kehati-hatian. 

PT Lippo General Insurance Tbk juga meraih berbagai penghargaan bergengsi, di antaranya: Market Leader General Insurance 2020 dari MEDIA ASURANSI, Penghargaan Apresiasi dari BPJS Kesehatan, Penghargaan InfoBank Insurance Award, dan penghargaan dari The National Customer Service Championship.

Daftar Produk dan Polis Asuransi Kesehatan dari Lippo Insurance

1. Perlindungan Kesehatan Prima

Perlindungan Kesehatan Prima adalah produk asuransi kesehatan dari Lippo Insurance yang menyediakan berbagai paket perlindungan dengan berbagai manfaat tambahan. Beberapa fitur unggulan dari produk ini antara lain:

  • Saldo Prima, memberikan penggantian untuk pembelian vitamin dan obat-obatan tanpa perlu rawat jalan atau inap.
  • Menawarkan berbagai pilihan rawat jalan dan/atau inap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.
  • Klaim dapat dibayar secara cashless di lebih dari 500 rumah sakit terkemuka di Indonesia.
  • Laporan klaim dikirimkan melalui email.
  • Layanan Contact Center dan Case Monitoring tersedia 24 jam.
  • Layanan Personal Medical Assistance eksklusif bagi nasabah.

2. Medicare

Medicare adalah produk asuransi kesehatan yang dirancang khusus untuk kebutuhan perusahaan. 

Produk ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi karyawan dan keluarga mereka, sehingga memberikan rasa aman dan tenang. Beberapa keunggulan Medicare antara lain:

  • Akses ke fasilitas telemedicine, live chat 24/7, dan dokter online (untuk pengguna Android).
  • Tanpa menggunakan kartu (cashless).
  • Tersedia aplikasi yang memudahkan nasabah untuk melakukan e-claim, cek status klaim, serta melihat video dan panduan.
  • Menjamin perlindungan terhadap COVID-19.

3. HealthPlus Family

HealthPlus Family adalah produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh Lippo Insurance, dengan tujuan untuk memberikan manfaat perlindungan kesehatan bagi kamu dan keluargamu dengan premi yang terjangkau. Keunggulan produk ini antara lain:

  • Menyediakan berbagai pilihan rawat jalan dan/atau inap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Pembayaran klaim dapat dilakukan secara cashless di lebih dari 500 rumah sakit terbaik di Indonesia.
  • Laporan klaim dikirimkan melalui email.
  • Layanan Contact Center dan Case Monitoring tersedia 24 jam.
  • Layanan Personal Medical Assistance eksklusif bagi nasabah.

4. HealthPlus Business

HealthPlus Business dirancang untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi karyawan, yang merupakan bagian penting dari kesuksesan suatu perusahaan. Keunggulan produk ini antara lain:

  • Support proteksi 24/7.
  • Akses online untuk HR dan/atau pemilik perusahaan.
  • Aplikasi yang memudahkan anggota dalam mengakses manfaat asuransi.
  • Manfaat asuransi berlaku di seluruh dunia.
  • Premi yang terjangkau dan sistem cashless.

5. HealthPlus Micro

HealthPlus Micro hadir untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi karyawan, terutama dari risiko kerja. 

Produk ini memberikan rasa tenang bagi pengusaha mengenai segala kemungkinan risiko yang mungkin menimpa karyawan. Keuntungannya untuk pengusaha meliputi:

  • Layanan Contact Center dan Case Monitoring 24 jam.
  • Laporan klaim melalui email secara elektronik.
  • Layanan Personal Medical Assistance di beberapa rumah sakit terpilih.
  • Jaringan provider yang tersebar di lebih dari 580 rumah sakit terbaik di Indonesia.
  • Pembayaran klaim reimbursement maksimal 10 hari kerja setelah dokumen lengkap diterima.
  • Semua informasi polis, provider, dan status klaim dapat diakses secara online.

Sedangkan untuk karyawan, keuntungan yang didapat meliputi:

  • Manfaat rawat inap dan rawat jalan.
  • Perlindungan untuk patah tulang dan alat bantunya, perawatan cuci darah, serta kemoterapi.
  • Profit sharing dan santunan tunai harian kecelakaan diri.

Untuk Asuransi Lainnya:

  • Auto Protection: Produk asuransi kendaraan bermotor (roda empat atau lebih) yang memberikan perlindungan sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Motor Protection: Produk asuransi untuk kendaraan bermotor roda dua yang memberikan perlindungan komprehensif terhadap risiko kecelakaan, kerusakan total, dan kehilangan.
  • Home Protection: Asuransi yang memberikan perlindungan lengkap untuk rumah atau apartemen dari berbagai risiko, termasuk kebakaran, ledakan, kerusakan akibat air, kerusuhan, dan kecelakaan lainnya. Selain itu, ada juga perlindungan kecelakaan bagi penghuni serta penggantian biaya medis akibat kejadian tersebut.
  • Business Care: Produk asuransi yang melindungi usaha dan aset-aset berharga perusahaanmu.
  • Golden Care: Produk asuransi untuk orang tua berusia 50-75 tahun yang memberikan jaminan penggantian biaya medis serta santunan atas kejadian yang tidak terduga.
  • Marine Cargo: Asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kerugian atau kerusakan barang yang terjadi selama pengangkutan, baik melalui darat, udara, atau laut.
  • Asuransi Aneka: Produk asuransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu, seperti asuransi konstruksi, kerusakan mesin, alat berat, kebongkaran, uang, dan tanggung jawab hukum.
  • MyTravel Domestic: Asuransi perjalanan dalam negeri yang memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan, kehilangan bagasi, dan penundaan.
  • MyTravel International: Asuransi perjalanan internasional yang melindungimu dari risiko kecelakaan, kehilangan bagasi, dan penundaan selama perjalanan ke luar negeri.

Manfaat Asuransi Kesehatan dari Lippo Insurance

Berikut adalah manfaat dari Asuransi Kesehatan dari Lippo Insurance yang dapat menjadi pertimbangan:

ProdukManfaat yang Diberikan
Perlindungan Kesehatan PrimaPertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, vitamin & obat-obatan (tanpa rawat inap/rawat jalan), layanan personal medical assistance.
Lippo Insurance MedicarePertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, melahirkan, perawatan gigi, kacamata, dan jaminan Covid-19.
Lippo HealthPlus+ BusinessPertanggungan biaya rawat inap sesuai tagihan, pilihan kamar, rawat jalan, perawatan gigi, serta rekanan di seluruh dunia.
Lippo HealthPlus+ FamilyPertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, layanan 24 jam, dan layanan eksklusif Personal Medical Assistance bagi keluarga.
Lippo HealthPlus+ MicroPertanggungan biaya rawat inap secara cashless, reimbursement 80 persen, rawat jalan, perawatan gigi, serta santunan kecelakaan diri.

Keunggulan Asuransi Kesehatan dari Lippo Insurance

Asuransi Lippo menawarkan beberapa keunggulan yang penting untuk kamu pertimbangkan, antara lain:

  • Keamanan lebih terjamin karena berada di bawah naungan Grup Lippo.
  • Fasilitas cashless dan aplikasi eBenefit untuk mempermudah dan mempercepat proses klaim manfaat.
  • Manfaat perluasan berupa Saldo Prima untuk pembelian vitamin dan obat-obatan.
  • Fitur pengembalian premi dengan sistem bagi hasil (khusus untuk produk HealthPlus+ Micro).
  • Harga premi yang terjangkau.

Syarat Mengajukan Asuransi Kesehatan dari Lippo Insurance

Jika kamu tertarik untuk menjadi nasabah Lippo Insurance, ada dua persyaratan yang perlu dipenuhi, yaitu:

  • Melengkapi dokumen persyaratan (seperti kartu identitas, dan lainnya).
  • Mengisi formulir pendaftaran kepesertaan asuransi Lippo.

Cara Beli Asuransi Kesehatan dari Lippo Insurance

Kamu dapat membeli asuransi kesehatan dari Lippo Insurance dengan cara mengunjungi langsung kantor cabang Asuransi Lippo Life terdekat. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukannya secara online melalui situs aggregator atau dengan memanfaatkan aplikasi eBenefit Lippo yang bisa diunduh secara gratis di Play Store.

Cara Bayar Premi Asuransi Kesehatan dari Lippo Insurance

Calon nasabah yang ingin memanfaatkan polis Asuransi Kesehatan dari Lippo Insurance tentunya diwajibkan untuk membayar premi asuransi setiap bulannya. 

Namun, berdasarkan informasi yang ada di situs resmi Lippo Insurance, belum ada penjelasan mengenai cara pembayaran premi. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, calon nasabah dapat menghubungi langsung Contact Center Lippo Insurance untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang tata cara pembayaran premi Asuransi Kesehatan dari Lippo Insurance.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan dari Lippo Insurance

Klaim Asuransi Kesehatan dari Lippo Insurance dapat dilakukan melalui dua sistem, yaitu cashless dan reimbursement. Berikut adalah prosedur selengkapnya:

1. Sistem Cashless

  • Peserta wajib melakukan scan QR Code pada aplikasi eBenefit atau menyerahkan kartu peserta, nomor kartu, dan kartu identitas.
  • Petugas rumah sakit akan mengecek dan memproses pendaftaran klaim asuransi.
  • Data akan diperiksa, dan jika valid sesuai dengan jaminan Lippo Insurance, proses klaim dapat dilanjutkan.
  • Proses perawatan, baik rawat jalan maupun rawat inap, akan dilakukan.
  • Setelah perawatan, petugas rumah sakit akan menghitung besaran tagihan.
  • Ketika besaran tagihan sudah tercetak, petugas rumah sakit akan menghubungi Lippo Insurance untuk konfirmasi.
  • Setiap ekses tagihan yang ada akan dibayar di tempat, dan ekses susulan akan ditagihkan jika ada.
  • Ekses akhir akan ditagih ke peserta atau perusahaan melalui Lippo Insurance.

2. Sistem Reimbursement

  • Jika peserta menjalani rawat inap, rawat jalan, persalinan, rawat gigi, atau kacamata, dan melakukan pembayaran ke rumah sakit, peserta harus mengisi formulir klaim serta mengajukan dokumen pendukung yang dikirimkan ke Lippo Insurance.
  • Lippo Insurance akan melakukan analisa klaim.
  • Jika ada pengajuan ulang, klaim harus disesuaikan dengan polis yang terdaftar.
  • Setelah semua disetujui, klaim akan sepenuhnya ditanggung oleh Lippo Insurance.

Dokumen Persyaratan Klaim

Berikut adalah dokumen persyaratan klaim yang wajib dilampirkan saat mengajukan klaim reimbursement:

1. Klaim Rawat Inap

  • Formulir klaim
  • Kwitansi asli
  • Nama, stempel, dan SIP dokter yang merawat
  • Perincian biaya perawatan atau tindakan
  • Diagnosis dan resume medis
  • Salinan resep obat
  • Hasil pemeriksaan diagnostik
  • Informasi ketersediaan kelas kamar di rumah sakit
  • Untuk klaim santunan tunai rawat inap BPJS Kesehatan: copy kwitansi yang dicover oleh BPJS, resume medis, dan diagnosis.

2. Klaim Rawat Jalan

  • Formulir klaim
  • Kwitansi asli
  • Nama, stempel, dan SIP dokter yang merawat
  • Perincian biaya perawatan atau tindakan
  • Diagnosis dan resume medis
  • Salinan resep obat
  • Hasil pemeriksaan diagnostik
  • Surat rujukan untuk pemeriksaan diagnostik.

3. Klaim Melahirkan

  • Formulir klaim
  • Kwitansi asli
  • Nama, stempel, dan SIP dokter
  • Perincian biaya perawatan
  • Diagnosis dan resume medis
  • Salinan resep obat
  • Hasil pemeriksaan diagnostik
  • Usia kehamilan.

4. Klaim Rawat Gigi

  • Formulir klaim
  • Kwitansi asli
  • Nama, stempel, dan SIP dokter yang merawat
  • Perincian biaya perawatan atau tindakan
  • Diagnosis dan resume medis
  • Salinan resep obat
  • Hasil pemeriksaan diagnostik
  • Surat rujukan untuk pemeriksaan diagnostik
  • Konfigurasi gigi.

5. Klaim Kacamata

  • Formulir klaim
  • Kwitansi asli
  • Nama, stempel, dan SIP dokter yang merawat
  • Perincian biaya frame dan lensa
  • Diagnosis medis
  • Hasil refraksi mata.

Sebagai penutup, dengan berbagai manfaat dan kemudahan yang ditawarkan, Asuransi Kesehatan Lippo Insurance dapat menjadi pilihan yang tepat untuk perlindungan kesehatanmu dan keluarga.

Terkini